Ketika saya masih muda, dan bebas berimajinasi,
saya bermimpi mengubah dunia. Seiring dengan bertambahnya usia
dan kebijaksanaan, saya mendapati dunia yang tidak berubah. Saya pun
menyederhanakan keinginan saya dan memutuskan hanya ingin mengubah negara saya.
Akan tetapi, tampaknya tak ada yang berubah dengan Negara saya.Usiapun kian senja, usaha terakhir saya adalah berusaha mengubah
keluarga, orang-orang terdekat. Akan tetapi, lagi-lagi, mereka tetap sama, tak
ada yang berubah.
Dan, sekarang, saat saya terbaring di ranjang kematian,tiba-tiba saya menyadari: bahwa yang seharusnya pertama kali
saya lakukan adalah mengubah diri sendiri. Kemudian dengan memberikan
ketauladanan, saya mengubah keluarga saya. Dorongan dan inspirasi mereka
memungkinkan saya memperbaiki NegaraDan siapa tahu, saya mungkin bisa mengubah dunia.
Benivieda en Arie's Personal Blog
Sebulir Salam.. Seindah Cinta.. Assalaamu'alaikum! Salam bagi makhluk penghuni alam yang terhampar luas.. Hanya kepada Allah ku berserah.. Hanya kepada Allah tempatku kembali.. Dengan menyebut Asma Allah..ku tulis apa yang menjadi inspirasiku.Meski kekurangan yang mencolok masih terlihat di segala sisi, akhirnya penggarapan blog untuk 'sementara' terselesaikan. "Terima kasih" arie ucapakan buat teman2 yang sudah bersedia untuk menjadi teman diskusi.. Blog ini juga khusus arie dedikasikan buat Guruku, Pak Joko, yg dengan senang hati membagikan ilmunya bagi siapa saja yg mau belajar.. "Sempurna" adalah kata yg mustahil arie capai dalam pengerjaan blog ini.Tp dengan Izin Allah,dengan segala pengetahuan yang kupunya,arie slalu brusaha dan brusaha untuk meciptakan blog ini untuk mendekati kata "sempurna". Insya Allah. Semoga secarik tulisan ini bermanfaat bagi pembaca budiman.. Wassalaam!
Tugas Anda tidak hanya di depan komputer,Ingat Waktu!
Laknatullah...
Semoga azab Allah SWT yang paling pedih ditimpakan pada mereka yang telah mendukung israel. Ngapain sih mendukung Palestina? Kalau ada ribut-ribut di negara- negara Arab, misalnya di Mesir,Palestina, atau Suriah, kita sering bertanya apa signifikansi dukungan terhadap Negara tersebut. Misalnya baru-baru ini ketika Palestina diserang. Ngapain sih mendukung Palestina? Pertanyaan tersebut diatas sering kita dengar, terutama karena kita bukan orang Palestina, bukan bangsa Arab, rakyat sendiri sedang susah,dan juga karena entah mendukung atau enggak, sepertinya tidakberpengaruh pada kegiatan kita sehari-hari.Padahal, untuk yang belum mengetahui..
kita sebagai orang Indonesia malah berhutang dukungan untuk Palestina. Sukarno-Hatta boleh saja memproklamasikan kemerdekaan RI de facto pada17 Agustus 1945, tetapi perlu diingat bahwa untuk berdiri (de jure)sebagai negara yang berdaulat, Indonesia membutuhkan pengakuan dari bangsa-bangsa lain. Pada poin ini kita tertolong dengan adanya pengakuandari tokoh tokoh Timur Tengah, sehingga Negara Indonesiabisa berdaulat.Gong dukungan untuk kemerdekaan Indonesia ini dimulai dari Palestina dan Mesir, seperti dikutip dari buku "Diplomasi Revolusi Indonesia di LuarNegeri" yang ditulis oleh Ketua Panitia Pusat Perkumpulan KemerdekaanIndonesia , M. Zein Hassan Lc. Buku ini diberi kata sambutan oleh Moh.Hatta (Proklamator & Wakil Presiden pertama RI), M. Natsir (mantanPerdana Menteri RI), Adam Malik (Menteri Luar Negeri RI ketika buku ini diterbitkan) , dan Jenderal (Besar) A.H. Nasution.M. Zein Hassan Lc. Lt. sebagai pelaku sejarah, menyatakan dalam bukunya pada hal. 40, menjelaskan tentang peran serta, opini dan dukungan nyata Palestina terhadap kemerdekaan Indonesia, di saat negara-negara lain belum berani untuk memutuskan sikap. Dukungan Palestina ini diwakili oleh Syekh Muhammad Amin Al-Husaini-mufti besar Palestina- secara terbuka mengenai kemerdekaan Indonesia:".., pada 6 September 1944, Radio Berlin berbahasa Arab menyiarkan'ucapan selamat' mufti Besar Palestina Amin Al-Husaini (beliau melarikan diri ke Jerman pada permulaan perang dunia ke dua) kepada Alam Islami,bertepatan 'pengakuan Jepang' atas kemerdekaan Indonesia. Berita yang disiarkan radio tersebut dua hari berturut-turut, kami sebar-luaskan,bahkan harian "Al-Ahram" yang terkenal telitinya juga menyiarkan." Syekh Muhammad Amin Al-Husaini dalam kapasitasnya sebagai mufti Palestina juga berkenan menyambut kedatangan delegasi "Panitia Pusat KemerdekaanIndonesia" dan memberi dukungan penuh. Peristiwa bersejarah tersebuttidak banyak diketahui generasi sekarang, mungkin juga para pejabat di negeri ini.Bahkan dukungan ini telah dimulai setahun sebelum Sukarno-Hatta benar-benar memproklamirkan kemerdekaan RI.
Tersebutlah seorang Palestina yang sangat bersimpati terhadap perjuangan Indonesia, Muhammad Ali Taher. Beliau adalah seorang saudagar kaya Palestina yang spontan menyerahkan seluruh uangnya di Bank Arabia tanpa meminta tanda bukti danberkata: "Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuanganIndonesia .."Setelah seruan itu, maka negara daulat yang berani mengakui kedaulatan I pertama kali oleh Negara Mesir 1949. Pengakuan resmi Mesir itu (yang disusul oleh negara-negara Tim-Teng lainnya) menjadi modal besar bagi RIuntuk secara sah diakui sebagai negara yang merdeka dan berdaulat penuh.Pengakuan itu membuat RI berdiri sejajar dengan Belanda (juga dengan negara-negara merdeka lainnya) dalam segala macam perundingan &pembahasan tentang Indonesia di lembaga internasional.Dukungan Mengalir Setelah ItuSetelah itu, sokongan dunia Arab terhadap kemerdekaan Indonesia menjadisangat kuat. Para pembesar Mesir, Arab dan Islam membentuk 'Panitia Pembela Indonesia '. Para pemimpin negara dan perwakilannya di lembaga internasional PBB dan Liga Arab sangat gigih menorong diangkatnya isu Indonesia dalam pembahasan di dalam sidang tersebut.Di jalan-jalan terjadi demonstrasi- demonstrasi dukungan kepada Indonesia oleh masyarakat Timur Tengah. Ketika terjadi serangan Inggris atas Surabaya 10 November 1945 yang menewaskan ribuan penduduk Surabaya, demonstrasi anti Belanda-Inggris merebak di Timur-Tengah khususnyaMesir. Sholat ghaib dilakukan oleh masyarakat dilapangan-lapangan dan masjid-masjid di Timur Tengah untuk para syuhada yang gugur dlm pertempuran yang sangat dahsyat itu.Yang mencolok dari gerakan massa internasional adalah ketika momentumPasca Agresi Militer Belanda ke-1, 21 juli 1947, pada 9 Agustus. Saatkapal "Volendam" milik Belanda pengangkut serdadu dan senjata telah sampai di Port Said.Ribuan penduduk dan buruh pelabuhan Mesir berkumpul di pelabuhan itu.Mereka menggunakan puluhan motor-boat dengan bendera merah-putih - tandasolidaritas- berkeliaran di permukaan air guna mengejar dan menghalaublokade terhadap motor-motor- boat perusahaan asing yang ingin menyuplai air; makanan untuk kapal "Volendam" milik Belanda yang berupaya melewati Terusan Suez, hingga kembali ke pelabuhan. Kemudian motor boat besar pengangkut logistik untuk "Volendam" bergerak dengan dijaga oleh 20 orang polisi bersenjata beserta Mr.Blackfield, Konsul Honorer Belanda asal Inggris, dan Direktur perusahaanpengurus kapal Belanda di pelabuhan. Namun hal itu tidak menyurutkanperlawanan para buruh Mesir.Wartawan 'Al-Balagh' pada 10/8/47 melaporkan:"Motor-motor boat yang penuh buruh Mesir itu mengejar motor-boat besaritu dan sebagian mereka dapat naik ke atas deknya. mereka menyerangkamar stirman, menarik keluar petugas-petugasnya, dan membelokkanmotor-boat besar itu kejuruan lain."Melihat fenomena itu, majalah TIME (25/1/46) dengan nada minornyamenakut-nakuti Barat dengan kebangkitan Nasionalisme- Islam di Asia danDunia Arab. "Kebangkitan Islam di negeri Muslim terbesar di duniaseperti di Indonesia akan menginspirasikan negeri-negeri Islam lainnyauntuk membebaskan diri dari Eropa."Melihat peliknya usaha kita untuk merdeka, semoga bangsa Indonesia yangsaat ini merasakan nikmatnya hidup berdaulat tidak melupakan peranbangsa bangsa Arab, khususnya Palestina dalam membantu perdjoeangankita.Statement Tokoh dalam buku ini:Dr. Moh. Hatta"Kemenangan diplomasi Indonesia yang dimulai dari Kairo. Karena denganpengakuan Mesir dan negara-negara Arab lainnya terhadap Indonesiasebagai negara yang merdeka dan berdaulat penuh, segala jalan tertutup bagi Belanda untuk surut kembali atau memungkiri janji, sebagai selaludilakukannya di masa-masa yang lampau."A.H. Nasution" Karena itu tertjatatlah, bahwa negara-2 Arab jang paling dahulumengakui RI dan paling dahulu mengirim misi diplomatiknja ke Jogja danjang paling dahulu memberi bantuan biaja bagi diplomat-2 Indonesia diluar negeri. Mesir, Siria, Irak, Saudi-Arabia, Jemen,memelopori pengakuan de jure RI bersama Afghanistan dan IranTurkimendukung RI. Fakta-2 ini merupakan hasil perdjuangan diplomat-2revolusi kita. Dan simpati terhadap RI jang tetap luas di negara-2 TimurTengah merupakan modal perdjuangan kita seterusnja, jang harus terus dibina untuk perdjuangan jang ditentukan oleh UUD '45 : "ikut melaksanakan ketertiban dunia jang berdasarkan kemerdekaan, perdamaianabadi dan keadilan sosial"."Perumpamaan kaum muslimin yang saling kasih mengasihi dan cinta mencintai antara satu sama lain ibarat satu tubuh. Jika salah satu anggota berasa sakit maka seluruh tubuh akan turut berasa sakit dantidak dapat tidur." (HR Bukhari)
Well.,
Sebenarnya, arti IT bagi dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkanprogram pendidikan. Namun hal Pemanfaatan IT ini di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan memasuki milenium ketiga ini.Padahal penggunaan IT ini telah bukanlah suatu wacana yang asing di negeri Paman Sam Sana. Pemanfaatan IT dalambidang pendidikan sudah merupakan kelaziman di Amerika Serikat pada dasawarsa yang telah lalu. Ini merupakan salahsatu bukti utama ketertinggalan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa di dunia.Berikut ini ialah sampel-sampel dari luar negeri hasil revolusi dari sistem pendidikan yang berhasil memanfaatkanTeknologi Informasi untuk menunjang proses pembelajaran mereka:
1. SD River Oaks di Oaksville, Ontario, Kanada, merupakan contoh tentang apa yang bakal terjadi di sekolah. SD inidibangun dengan visi khusus: sekolah harus bisa membuat murid memasuki era informasi instan dengan penuhkeyakinan. Setiap murid di setiap kelas berkesempatan untuk berhubungan dengan seluruh jaringan komputer sekolah.CD-ROM adalah fakta tentang kehidupan. Sekolah ini bahkan tidak memiiki ensiklopedia dalam bentuk cetakan. Diseluruh perpustakaan, referensinya disimpan di dalam disket video interktif dan CD-ROM-bisa langsung diakses olehsiapa saja, dan dalam berbagai bentuk: sehingga gambar dan fakta bisa dikombinasikan sebelum dicetak;foto bisadigabungkan dengan informasi.
2. SMU Lester B. Pearson di Kanada merupakan model lain dari era komputer ini. Sekolah ini memiliki 300 komputer untuk 1200 murid. Dan sekolah ini memiliki angka putus sekolah yang terendah di Kanada: 4% dibandingkan rata-rata.
3. Prestasi lebih spektakuler ditunjukkan oleh SMP Christopher Columbus di Union City, New Jersey. Di akhir 1980-an,nilai ujian sekolah ini begitu rendah, dan jumlah murid absen dan putus sekolah begitu tinggi hingga negara bagian memutuskan untuk mengambil alih. Lebih dari 99% murid berasal dari keluarga yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.Bell Atlantic yaitu sebuah perusahaan telepon di daerah itu membantu menyediakan komputer dan jaringan yang menghubungkan rumah murid dengan ruang kelas, guru, dan administrator sekolah. Semuanya dihubungkan keInternet, dan para guru dilatih menggunakan komputer pribadi. Sebagai gantinya, para guru mengadakan kursus pelatihan akhir minggu bagi orangtua.Dalam tempo dua tahun, baik angka putus sekolah maupun murid absen menurun ke titik nol. Nilai ujian-standar murid meningkat hampir 3 kali lebih tinggi dari rata-rata sekolah seantero New Jersey.Informasi yang diwakilkan oleh komputer yang terhubung dengan internet sebagai media utamanya telah mampumemberikan kontribusi yang demikian besar bagi proses pendidikan.
Teknologi interaktif ini memberikan katalis bag iterjadinya perubahan medasar terhadap peran guru: dari informasi ke transformasi. Setiap sistem sekolah harus bersifat moderat terhadap teknologi yang memampukan mereka untuk belajar dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih cerdas.Dan Teknologi Informasi yang menjadi kunci untuk menuju model sekolah masa depan yang lebih baik. Namun usaha-usaha dari anak-anak bangsa juga terus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam hal penyampaian proses pendidikan dengan penggunaan IT. Semisalnya, baru-baru ini Telkom, Indosat, danInstitut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan kesiapannya untuk mengembangkan IT untuk pendidikan di Indonesia,dimulai dengan proyek-proyek percontohan.Telkom menyatakan akan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitasinfrastruktur jaringan telekomunikasi yang diharapkan dapat menjadi tulang punggung (backbone) bagi pengembangandan penerapan IT untuk pendidikan serta implementasi-implementasi lainnya di Indonesia. Bahkan, saat ini Telkommulai mengembangkan teknologi yang memanfaatkan ISDN (Integrated Sevices Digital Network) untuk memfasilitasipenyelenggaraan konferensi jarak jauh (teleconference) sebagai salah satu aplikasi pembelajaran jarak jauh.Banyak aspek dapat diajukan untuk dijadikan sebagai alasan-alasan untuk mendukung pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Salah satu aspeknya ialah kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyaknya pulau yang terpencar-pencar dan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, biasanya diajukan untuk menjagokan pengembangan dan penerapan IT untukpendidikan. IT sangat mampu dan dijagokan agar menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di bumi Nusantara, sebab IT yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauhnya tidak terpisah oleh ruang, jarak danwaktu. Demi penggapaian daerah-daerah yang sulit tentunya diharapkan penerapan ini agar dilakukan sesegera mungkin di Indonesia.
IMPLIKASI IT DI DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA
"e-Education", istilah ini mungkin masih asing bagi bangsa Indonesia. e-education (Electronic Education) ialah istilahpenggunaan IT di bidang Pendidikan. Internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadapsumber informasi bukan menjadi masalah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. (Berapa banyak perpustakaan di Indonesia, dan bagaimana kualitasnya?) Adanya Internet memungkinkanseseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat berupa Digital Library. Sudah banyak ceritatentang pertolongan Internet dalam penelitian, tugas akhir. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat dilakukan melalui Internet. Tanpa adanya Internet banyak tugas akhir dan thesis yang mungkin membutuhkanwaktu yang lebih banyak untuk diselesaikan.A. Pemanfaatan IT Bagi Institut PendidikanPesatnya perkembangan IT, khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Dilingkungan perguruan tinggi, pemanfaatan IT lainnya yaitu diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan e-University bertujuan untuk mendukungpenyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepadakomunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Layanan pendidikan lain yang bisadilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan.Lingkungan Akademis Pendidikan Indonesia yang mengenal alias sudah akrab dengan Implikasi IT di bidang Pendidikanadalah UI dan ITB. Semisalnya UI. Hampir setiap Fakultas yang terdapat di UI memiliki jaringan yang dapat di akses oleh masyarakat, memberikan informasi bahkan bagi yang sulit mendapatkannya karena problema ruang dan waktu. Hal ini juga tentunya sangat membantu bagi calon mahasiswa maupun mahasiswa atau bahkan alumni yang membutuhkan informasi tentang biaya kuliah, kurikulum, dosen pembimbing, atau banyak yang lainnya. Contoh lain adalah Universitas Swasta Bina Nusantara juga memiliki jaringan Internet yang sangat mantap, yang melayakkan mereka mendapatkanpenghargaan akademi pendidikan Indonesia dengan situs terbaik. Layanan yang disediakan pada situs mereka dapat dibandingkan dengan layanan yang disediakan oleh situs-situs pendidikan luar negeri seperti Institut Pendidikan California atau Institut Pendidikan Virginia, dan sebagainya.Pada tingkat pendidikan SMU implikasi IT juga sudah mulai dilakukan walau belum mampu menjajal dengan implikasi-implikasinya pada tingkatan pendidikan lanjutan. Di SMU ini rata-rata penggunaan internet hanyalah sebagai fasilitas tambahan dan lagi IT belum menjadi kurikulum utama yang diajarkan untuk siswa. IT belum menjadi media database utama bagi nilai-nilai, kurikulum, siswa, guru atau yang lainnya. Namun prospek untuk masa depan, penggunaan IT di SMU cukup cerah. Selain untuk melayani Institut pendidikan secara khusus, adapula yang untuk dunia pendidikan secara umum diindonesia. Ada juga layanan situs internet yang menyajikan kegiatan sistem pendidikan di indonesia. situs ini dimaksudkan untuk merangkum informasi yang berhubungan dengan perkembangan pendidikan yang terjadi dan untukmenyajikan sumber umum serta jaringan komunikasi (forum) bagi administrator sekolah, para pendidik dan para peminatlainnya. Tujuan utama dari situs ini adalah sebagai wadah untuk saling berhubungan yang dapat menampung semuasektor utama pendidikan. Contoh dari situs ini adalah http://www.pendidikan.netdisamping/ lingkungan pendidikan, misalnya pada kegiatan penelitian kita dapat memanfaatkan internet guna mencaribahan atau pun data yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut melalui mesin pencari pada internet. Situs tersebut sangat berguna pada saat kita membutuhkan artikel, jurnal ataupun referensi yang dibutuhkan. Situs tersebut contohnya sepertigoogle.com atau searchindonesia.com atau sumpahpalapa.netInisiatif-inisiatif penggunaan IT dan Internet di luar institusi pendidikan formal tetapi masih berkaitan dengan lingkunganpendidikan di Indonesia sudah mulai bermunculan. Salah satu inisiatif yang sekarang sudah ada adalah situspenyelenggara "Komunitas Sekolah Indonesia". Situs yang menyelenggarakan kegiatan tersebut contohnya plasa.com dan smu-net.com
Blog??awalnya arie g pnah punya pkiran tuk bkin blog..gara2nya sih,krna ada tugas dr Mr.Djoe. Tp itung2,bkin blog jg gda ruginya. Skedar info,bwt tmen2 yg masi awam sama blog,,watch out aj..he2,cz dunia blog ternyata menyimpan sejuta rahasia menarik loh..tp lepas dr itu,sbenarnya..arie ndri jga bngung mw mosting ap bwt blog ptama ini..em..nah loh!skarang.,otak mampet,cerebrum macet..wajah pucet..mkirin konten2 g jlas yg bkal dtulis dsini.
hufh..Ok,,drpda ngoceh mlu2 bkin ide jd tekor..Well..arie bkal nulis "all bout thing u have 2 know"..khusunya g jau2 dr education,joke,refeleksi("bukan pijat refleksi"),etc.check it out by urself aj-lah..
Untuk Allah dan RasulNya..
Untuk Ayah di Surabaya.yg g pernah cape2 nyari uang,meski harus pontang-panting ke pelosok Indonesia, buat hidup mama,mb dian,mb evy,arie,ivan.,+ikan2 di kolam+bunga2 di taman..
Dan teman2,yg slalu mengajarkan arti sahabat..
"TERIMA KASIH"
Wassalaam..
supported by
Color Paper
About
-
About me. Edit this in the options panel.
Mengenai Saya
- ARIE ZAKY PRASETYA
- malang, jawa timur, Indonesia
- lahir di jombang,hidup nomaden hingga menetap di malang, namun kini melanjutkan studi hukum d jogja. anak ke-3 dari 4 bersaudara.tertarik pada ide dan pemikiran segar akan dinamika hukum dan politik indonesia.
Blog Archive
Pojhok tawur + sharing
Or any Hottest news?
Other Blog
Search
© Copyright Das EmbriE!. All rights reserved.
Designed by FTL Wordpress Themes | Bloggerized by FalconHive.com
brought to you by Smashing Magazine